Ekonomi

Kemenpar Membidik Levant Countries Untuk Halal Tourism

wartaevent.com – Jakarta. Saat menghadiri Gala Dinner Indolevant Travel Mart 2019 pada (03/05/2019) di W Hotel. Amman Yordania, Arief Yahya, Menteri Pariwisata (Menpar) mengundang wisman dari Mediterania Timur atau mahfum disebut Levan Countries untuk dating ke Indonesia dengan memanfaatkan hub di beberapa negara ASEAN seperti Singapura, Malaysia dan Thailand.

Menpar Arief Yahya, menyebut, bahwa pihaknya mentargetkan strategi tourism hub dapat menyumbang 4 juta wisman. Program tourism hub memudahkan konektivitas wisman Levant Countries ke Indonesia.

Baca Juga : Menpar Optimis Bukukan Potensi Transaksi Lebih Baik di ATM Dubai 2019

Kawasan Mediterania Timur menjadi pasar yang sangat potensial bagi Indonesia. Sebab, jumlah pengeluaran wisman dari kawasan itu sangat besar sehingga memberikan dampak langsung yang signifikan bagi pariwisata Indonesia. “Tingkat spending yang tinggi dari mereka, ini merupakan peluang yang sangat besar,” ujar Arief Yahya.

Dalam kesempatan yang sama, Andy Rachmianto, Dubes RI untuk Jordan dan Palestina, mengatakan, KBRI Amman ingin mengundang lebih banyak wisman dari negara-negara Levant dan Timur Tengah yang mayoritas muslim ke Indonesia. Mereka dianggap merupakan pasar yang besar bagi program wisata halal Indonesia.

Baca Juga : Menjelajahi Keindahan Jejak Rasul Di Timur Tengah

Levant Countries merupakan sebutan untuk negara-negara meliputi Jordan, Cyprus, Mesir, Iraq, Lebanon, Palestina, Syria, dan Turki. Terlebih saat ini Indonesia sudah berada di ranking teratas pada Mastercard-CrescentRating Global Muslim Travel Index (GMTI) 2019.

“Target wisman pada 2019 sebesar 20 juta wisman, dan diharapkan 25 persennya atau sekitar 5 juta wisman merupakan wisman dari segmen wisata halal. Diharapkan ini bisa menjadi langkah baik untuk mengundang wisman Mediterania Timur ke Indonesia,” pungkas Andy. [*]