News

Apa Dampak dari Rendahnya Literasi, Simak Ulasan Ini

WARTAEVENT.com – Enrekang. Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual pada hari ini Selasa (07/09/2021) di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. 

Kolaborasi ketiga lembaga pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah “Mari Berbahasa yang Benar dan Beretika di Ruang Digital”. Dan diikuti oleh 722 peserta dari berbagai kalangan masyarakat.

Ada 4 narasumber pada sesi sesi webinar siang ini, di antaranya Mafindo, Erwin Saputra; dosen dan Pendiri Pojok Sosial Ekologi, Ica Wulansari; Ketua Prodi Teknik Informatika STMIK Multicom Bolmong, Michel Farrel Tomatala; serta FounderKaki Gatal Production, Suhandri Lariwu. 

Sebagai pemateri pertama, Ica Wulansari, membawakan tema “Digital Skill dan Digital Online”. Ica memaparkan mengenai kursus daring. Menurutnya, kursus daring memberikan metode pembelajaran yang mudah diakses dan sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Adanya kursus ini, peluang belajar menjadi lebih mudah dan terjangkau bagi siapapun.

Erwin Saputra, pemateri kedua mengurai tema “Ujaran Kebencian di Media Sosial”. Ia menjelaskan, salah satu alasan utama masyarakat mudah mempercayai hoax karena rendahnya literasi.

Sehingga masyarakat cenderung hanya membaca judul tanpa isi. Hanya mempercayai sumber tertentu, dan tidak bisa membedakan antara berita benar dengan hoax.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *