News

Membuka Lebar Peluang Bisnis Pelaku UMKM Lewat Media Sosial

WARTAEVENT.com – Bekasi. Penggunaan teknologi dan jaringan internet telah mempermudah segala segi kehidupan. Data Internet World Stats pengguna Internet di Indonesia saat ini 212,35 juta dari total 276,3 juta jiwa penduduk. Dari jumlah tersebut, sebanyak 170 juta jiwa sudah aktif di media sosial.

Di era digital yang semakin bertumbuh penggunanya, media sosial di Indonesia dengan pengguna aktif sekitar 170 juta akhirnya dimanfaatkan untuk membangun brand awareness sekaligus. Bukan hanya membuat audiens kenal namun memperkuat brand itu sendiri. 

Pemilik bisnis kini dapat berinteraksi dengan pelanggan, menyasar target audiens baru yang lebih spesifik dari segi lokasi, usia, jenis kelamin, sampai pendidikan dan ketertarikan yang semuanya bisa menjadi cara menganalisa market. Media sosial menjadi sangat potensial menjadi tempat untuk membangun brand awareness atau mengenalkan produk dan brand kepada audiens. 

“Di era sekarang kita tinggal punya profil toko di media sosial atau di marketplace yang bisa diakses oleh siapa pun dan dari mana pun,” sebut Cyntia Jasmine, Founder GIFU saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat I pada Jum’at (29/10/2021). 

Lebih jauh dia mengungkapkan, media sosial kini berperan sebagai sarana untuk menjangkau pelanggan. Lantaran brand merupakan identitas maka membuat personal branding sangatlah penting. Bahkan tidak hanya berupa jasa maupun barang yang ingin dijual, saat ini banyak HRD atau perekrut yang melakukan social media checking. Akhirnya setiap orang perlu berhati-hati dan membangun profil yang baik di dunia maya dengan personal branding. 

Memperkuat identitas brand dapat dimulai dengan membuat profil di media sosial, membangun portofolio, behind the scene, dan menyisipkan testimoni pelanggan. Kemudian proses membangun keterikatan dengan pelanggan dan calon customer, maka buatlah konten atau unggahan di Insta Story maupun timeline yang bisa menjawab masalah audience. 

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat I merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. Di webinar kali ini hadir pula nara sumber lainnya yaitu Irma Nawangwulan, Dosen IULI, Henry V. Herlambang, CMO Kadobox, Nyimas Indriana, Food & Beauty Enthusiast dan Rino dari Kaprodi Teknik Informatika Universitas Buddhi Dharma.

Gerakan Nasional untuk Indonesia #MakinCakapDigital ini berlandaskan 4 pilar utama, Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills). Dan melibatkan 110 lembaga juga komunitas sebagai agen pendidik Literasi Digital.

Kegiatan yang diadakan di 34 Provinsi Indonesia dan 514 Kabupaten ini dilaksanakan secara virtual berbasis webinar. Dengan menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. Dengan maksud dan tujuan utamanya membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *