Travel Story

Bangunan Cagar Budaya Istana Mini Banda Neira Diusulkan Jadi Istana Kepresidenan, Ini Alasannya

WARTAEVENT.com – Banda Neira. Menyambangi ke salah satu pulau terindah Banda Neira di Provinsi Maluku jangan lupa untuk meluangkan waktu ke Istana Mini Banda Neira. Bangunan Cagar Budaya peninggalan Belanda pada tahun 1622.

Semasa pemerintahan Belanda, dulu Istana Mini ini, difungsikan sebagai tempat tinggal pejabat VOC serta kotroleur dan juga digunakan sebagai tempat penyimpanan rempah-rempah.

Baca Juga : 4 Destinasi di Kabupaten Semarang yang Tidak Dimiliki Kota Semarang

Vinsensius Jemadu, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyampaikan, untuk menjadikan Istana Mini Banda Neira menjadi Istana Kepresidenan merupakan suatu inovasi dalam pengembangan destinasi pariwisata.

“Kemenparekraf mendukung upaya pemerintah provinsi Maluku menjadi istana Kepresienan di Indonesia Timur, Kami berharap revitalisasi ini akan memberikan nilai tambah ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” ungkapnya saat melakukan kunjungan kerja ke Maluku pada hari ini Minggu (17/04/2022).

Baca Juga : Misteri Lokomotif B dari Museum Kereta Api Ambarawa dan Muchsin Sang Penjaga

Sementara itu Wawan Gunawan, Direktur Pengembangan Destinasi II Kemenparekraf menjelaskan, dalam mendukung revitalisasi Istana Mini Banda Neira, Kemenparekraf akan fokus menjadikan destinasi wisata di Kepulauan Banda siap dan layak untuk dikunjungi, dipromosikan, dan dijual kepada wisatawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *