Event

Jakarta Film Week 2024: Sajikan Program Inovatif dan Kolaboratif Merayakan Sinema Global

WARTAEVENT.com – Jakarta. Jakarta Film Week 2024 akan kembali hadir dalam gelaran keempatnya pada 23-27 Oktober 2024. Festival ini didukung oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta dan akan menyajikan berbagai program menarik di lokasi-lokasi utama Jakarta, seperti CGV Grand Indonesia, Taman Ismail Marzuki, dan Mercure Jakarta Cikini.

Dalam press conference yang digelar pada Rabu, 25 September 2024 di CGV FX Sudirman, Jakarta Film Week 2024 resmi diumumkan sebagai salah satu upaya merayakan keberagaman sinema global sekaligus mendukung pengembangan industri perfilman, baik di Indonesia maupun di kancah internasional.

Baca Juga : Gala Premiere Film Home Sweet Loan Penuh Emosi

Andhika Permata, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, menegaskan dukungan pemerintah dalam memperkuat ekosistem film di Jakarta.

“Jakarta sebagai pusat aktivitas ekonomi kreatif semakin berkembang menjadi kota global. Melalui Jakarta Film Week 2024, kami berharap festival ini menjadi sajian yang memperkaya industri kreatif serta menjadi hiburan yang dinanti-nanti oleh warga Jakarta dan pecinta film,” ungkap Andhika.

Mengusung tema “Resonance”, Jakarta Film Week tahun ini menggambarkan bagaimana sinema dapat menciptakan dampak luas, baik dari sisi budaya, sosial, maupun ekonomi. Rina Damayanti, Direktur Festival Jakarta Film Week, menjelaskan bahwa festival ini terus mengalami pertumbuhan sejak pertama kali diadakan pada 2021.

“Perkembangan industri perfilman di Indonesia sangat pesat. Pada 2022 dan 2023, lebih dari selusin film Indonesia berhasil menembus angka satu juta penonton, yang menunjukkan bagaimana ekosistem perfilman nasional semakin kuat dan terhubung dengan sinema global,” kata Rina.

Baca Juga : Emiten Industri Film Sangat Besar, Kemenparekraf Berharap Tarik Investor

Tahun ini, festival menerima 1.132 film dari 85 negara, dengan 140 film dari 50 negara terpilih untuk diputar selama acara berlangsung. Beberapa film akan ditayangkan secara offline di CGV Grand Indonesia dan Taman Ismail Marzuki, sementara film lainnya bisa dinikmati online melalui platform Vidio.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *