Gaet Wisatawan, Kabupaten Selayar Siapkan 50 Event Di Tahun 2018 Gaet Wisatawan, Kabupaten Selayar Siapkan 50 Event Di Tahun 2018
Warta Event – Jakarta. Event, saat ini atau setidaknya hingga dua tahun kedepan menjadi tolok ukur penting dalam mempromosikan dan menjual potensi wisata suatu... Gaet Wisatawan, Kabupaten Selayar Siapkan 50 Event Di Tahun 2018

Warta Event – Jakarta. Event, saat ini atau setidaknya hingga dua tahun kedepan menjadi tolok ukur penting dalam mempromosikan dan menjual potensi wisata suatu daerah di Indonesia. Sebab, sangat riil dan mampu memberikan dampak langsung ke masyarakat paling bawah.

Dalam berbagai kesempatan pun, Arief Yahya, Menteri Pariwisata mewajibkan agar setiap daerah memiliki Calender of Event (CoE) dalam satu tahun penuh dan di informasikan jauh hari. Dengan demikian, para wisatawan dapat menentukan jadwal berkunjung sesuai dengan espektasinya.

Kabupaten Selayar, menjadi salah satu daerah yang paling cepat merespon apa yang telah diarahkan oleh Kementerian Pariwisata. Dalam launching CoE yang berlangsung pada kemarin sore, Rabu (11/10/2017) di Kantor Kemenpar, telah merilis 50 event untuk tahun 2018 mendatang.

Esthy Reko Astuti, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, menuturkan, launching CoE yang dilakukan oleh Kabupaten Selayar dapat menjadi pemicu daerah lain yang berkomitmen untuk menjadikannpariwisata sebagaimleading sektor daerahnya.

Dalam kesempatan itu, Esthy pun menegaskan, bahwa perlu adanya stimulus bagi daerah untuk agar menciptakan event yang bersekala internasional agar masuk dalam CoE Wonderful Indonesia.

image

CoE Wonderful Indonesia 2018 perlu disusun kemudian dikurasi berdasarkan standar internasional yang berkelanjutan, dikelola profesional, dan terjadwal. “Waktu dan tanggalnya tidak boleh berubah. Jangan ada pergantian kepala daerah kemudian jadwalnya pun berubah semuanya. Jangan mengeluarkan CoE yang tanggalnya masih tentative,” tambah Esthy.

Kabupaten Selayar, kata Esthy, memiliki Taman Nasional Takabonerate yang ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) ini menjadi ikon untuk wisata bahari kelas dunia. Dan pada tahun 2019 mendatang akan menjadi tempat penyelenggaraan event internasional Sail Indonesia atau Sail Takabonerate 2019.

Sementara itu, Zainuddin, Wakil Bupati Kabupaten Selayar, menyebut pemerintah Kabupaten Selayar, telah mempunyai komitmen besar untuk mengembangkan pariwisata di Selayar. Sedangkan visinya ingin mewujudkan cita-cita masyarakat yang berbasis kemaritiman yang sejahtera berdasarkan agama dan budaya.

Berikut diantaranya CoE Kabupaten Selayar untuk tahun 2018, Selayar Marathon (19 Januari), Festival budaya Bajo (11 Febuari), Sail and Sale Selayar (8 Maret), Selayar Fishing Competition (2-4 Mei), Selayar International Folk Art (8-12) Agustus, Adventure Trail Wisata (3 September), dan lainnya. [Fatkhurrohim]

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *