Hari ini Puncak Sail Sabang 2017 Hari ini Puncak Sail Sabang 2017

Hari ini Puncak Sail Sabang 2017

Event December 2, 2017 Fatkhurrohim 0 Telah Dibaca: 63 Kali

Warta Event – Sabang. Tarian kolosal Laksama Malahayati menyemarakkan acara puncak Sail Sabang 2017 yang dibuka oleh Wakil Presiden RI, M. Jusuf Kalla, di Teluk Sabang,... Hari ini Puncak Sail Sabang 2017

Warta Event – Sabang. Tarian kolosal Laksama Malahayati menyemarakkan acara puncak Sail Sabang 2017 yang dibuka oleh Wakil Presiden RI, M. Jusuf Kalla, di Teluk Sabang, Pelabuhan CT-3, Sabtu (02/12/2017).

Dalam acara puncak tersebut wisatawan menyaksikan atraksi terjun payung oleh Jupiter Team Aerobatic Show, Eksibisi Paramotor serta parade kapal perang (KRI Bimasuci, KRI Dewaruci, Lily Marleen), parade kapal nelayan tradisional, serta Festival Kuah Belangong.

Penyelenggaraan Sail Sabang 2017 yang mengangkat tema ‘Trail of Sea Civilization’ ini sebagai event tahunan Sail Indonesia (dimulai Sail Bunaken 2009 dan terakhir Sail Selat Karimata 2016) dalam rangka meningkatkan pariwisata bahari dengan menjadikan Sabang sebagai destinasi wisata kelas dunia serta mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Tema ‘Trail of Sea Civilization’ dalam Sail Sabang 2017 kali ini dimaksudkan untuk mengingatkan kembali kepada dunia bahwa Sabang pernah menjadi titik temu peradaban berbagai bangsa; Arab, Cina, Eropa, dan India, dan ini  telah diceritakan dalam ekspedisi Perahu Borobudur Samudraraksa yang menjelajahi hingga Afrika.

image

Arief Yahya, Menteri Pariwisata (Menpar) mengatakan, Sabang ditetapkan sebagai salah satu destinasi unggulan untuk wisata bahari karena potensi alam dan lokasinya yang strategis sehingga setiap tahun disinggahi puluhan kapal pesiar (cruise)  maupun kapal yacht  dari mancanegara.

“Di kalangan wisatawan penggemar marine tourism, Sabang dikenal sebagai destinasi favourit karena para traveller bisa melakukan berbagai aktivitas antara lain, diving, snorkeling, fishing, sun-beaching, dan kegiatan wisata bahari lainnya dengan spot-spot yang menarik,” kata Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya pun menjelaskan, tahun lalu kapal pesiar (cruise) yang singgah di Sabang sebanyak 10 cruise dengan membawa 6.137 wisman (per November 2016) serta 37 yacht membawa 82 wisman (per Juni 2016) dengan total kunjungan wisman (yacht, cruise, dan diving) per November 2016 mencapai 9,763 wisman.

“Event Sail Sabang 2017 akan menjadi momentum untuk mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisman (yacht, cruise, dan diving) ke Sabang,” tutup Arief Yahya. [Fatkhurrohim]

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *