Menpar Arief Yahya, Usulkan Kota Tasikmalaya Menjadi Hub Priangan Timur Menpar Arief Yahya, Usulkan Kota Tasikmalaya Menjadi Hub Priangan Timur
Warta Event – Jakarta. Pemerintah Kota Tasikmalaya pada tanggal 14-17 Oktober 2017 bakal menggelar event Tasikmalaya Oktober Festival (ToF). Event ini sebagai upaya untuk... Menpar Arief Yahya, Usulkan Kota Tasikmalaya Menjadi Hub Priangan Timur

Warta Event – Jakarta. Pemerintah Kota Tasikmalaya pada tanggal 14-17 Oktober 2017 bakal menggelar event Tasikmalaya Oktober Festival (ToF). Event ini sebagai upaya untuk mewujudkan visi Taksikmalaya 2025 menjadi kota industri dan perdagangan yang unggul di Bumi Priangan Jawa Barat.

Arief Yahya, Menteri Pariwisata, menyatakan, penyelenggaraan ToF 2017 sebagai sarana untuk mempromosikan pariwisata dan khasanah budaya serta produk kreatif unggulan dalam rangka mewujudkan visi Tasikmalaya sebagai ‘Kota Industri dan Perdanganan Termaju di Jawa Barat Tahun 2025’.

“Event ToF 2017 dijadikan sebagai sarana untuk mem-branding atau pencitraan kota (city branding) Tasikmalaya sebagai kota industri dan perdagangan. Sejak dulu kota ini terkenal dengan produk kreatifnya seperti kain bordir, batik, payung tradisional, serta sendal kelom,” ujar Menpar Arief Yahya.

Untuk mewujudkan menjadi kota seperti tersebut, Menpar Arief mengusulkan,magar Pemkot Tasikmalaya melakukan benchmarking ke beberapa negara UEA dan Doha, Abu Dhabi, dan Qatar. “Jika ingin unggul sebagai kota industri dan jasa, Kota Tasikmalaya agar menjadi Hub-nya Priangan Timur di Jawa Barat,” terang Menpar.

image

Sementara itu, Budi Budiman, Walikota Tasikmalaya, mengatakan, event ToF ini pun akan dirangkai dengan event lain seperti Tasik Invesment Expo and Conference (TIEC) 2016 yang dihadiri 45 delegasi dari 3 negara anggota ASEAN (Singapura, Filipina, dan Malaysia) serta 5 negara non-ASEAN (Jerman, Belgia, Italia, Palestina, dan Afrika Selatan) pada Oktober 2016.

Walikota H. Budi Budiman menjelaskan, dari hasil evaluasi kegiatan event tahun 2016 tersebut Pemkot Tasikmalaya menyadari perlu adanya strategi city branding atau pencitraan kota, di mana selain menghasilkan produk yang unggul, perlu ditopang oleh tatanan daerah yang unggul pula serta upaya maksimal dalam promosi daerah.

Melihat hal tersebut, Pemkot Tasimalaya kembali akan menggelar ke tiga event tersebut secara bersama-sama dengan beberapa event kreatif masyarakat. Event ToF 2017 terdiri sejumlah event unggulan antara lain, Tasik Kreative Festival, Tasik Halal Culinary Festival, Talk Tasik Culture Festival, Tasikmalaya Great Sale, dan pekan diskon di semua toko yang berpartisipasi.

Penyelenggaraan ToF 2017 melibatkan para UKM produk kreatif unggulan (bordir, batik, kelom, payung, mendong bambu, alas kaki dan makanan olahan), WUBI (Wirausaha Bank Indonesia), seniman dan pelaku budaya, Komunitas Kreatif Kota Tasikmalaya, serta KADIN Kota Tasikmalaya. [Fatkhurrohim]

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *