Ini Alasan Menpar Arief Yahya Memilih Ngopi di Taman Ayu Ini Alasan Menpar Arief Yahya Memilih Ngopi di Taman Ayu
Warta Event – Gianyar. Mencecap kopi, lebih dari sekedar menikmati aroma dan rasa yang diseduh oleh sang barista. Akan tetapi mencecap kopi pun telah... Ini Alasan Menpar Arief Yahya Memilih Ngopi di Taman Ayu

Warta Event – Gianyar. Mencecap kopi, lebih dari sekedar menikmati aroma dan rasa yang diseduh oleh sang barista. Akan tetapi mencecap kopi pun telah menjadi bagian gaya hidup bahkan menjadi ritual sosial.

Jika itu yang terjadi, artinya para penikmat kopi jangan salah pilih tempat. Selain butuh tempat yang nyaman, ngopi sebagai ritual sosial pun membutuhkan tempat yang tenang dan memberikan pengetahuan tentang proses kopi yang akan dicecapnya.

Arief Yahya, Menteri Pariwisata, mereferensikan tempat ngopi yang nyaman dan cukup membuat dirinya tertegun untuk beberapa waktu. Taman Ayu, yang berlokasi di Singapadu, Gianyar, Bali, diakui memberikan nuansa yang berbeda.

Sembari menapaki area Taman Ayu yang luasnya mencapai 5 Hektare, Menpar mengutarakan bahwa tempat ini suasananya sejuk, nyaman, hijau, dan luas. Sungai besar airnya mengakir begitu tenang. Pura Beji yang ada di lokasi pun semakin meneguhkan citarasa Bali yang original.

image

“Tempat ini bagus, luas, pohon-pohon langka tertata rapi. Beberapa musang atau luwak menjadi pemandangan yang asyik. Di Taman Ayu itu, ada 12 produk minuman herbal, alami yang disajikan. Dari Kopi Kintamani, Kopi Ginseng, Kopi Luwak, Kopi Rosella, Kulit Manggis, Cokelat, dan lainnya,” terang Menpar Arief, di sudut Gazebo Taman Ayu.

Menpar Arief pun menggambarkan, Taman Ayu, terlihat tidak terlalu besar jika dilihat dari luar. Akan tetapi setelah memasuki area, akan terlihat seperti kantong Semar. Bagian dalamnya terlihat besar dan luas. Kapasitas parkir pun sampai 10-20 bus.

Di Taman Ayu, kata Menpar, ada atraksi lain seperti proses pembuatan kopi, mulai dari biji kopi luwak yang dijemur, lalu di sangrai atau roasting hingga biji kopinya berubah warna menjadi cokelat. Di Taman Ayu itu ada tempat menggoreng dengan api dari kayu bakar. “Ini atraksi bagus, edukatif, dan bisa dilihat langsung,” jelas Arief Yahya.

Sementara itu, I Wayan Ramantha, menceritakan, dulu sang Ayahanda membuat tempat ini untuk dijadikan sebagai tempat penyembuhan ibunda tercintanya. Di Taman Ayu ini, punya 18 kamar, swimming pool, meeting points, Taman Ayu Shop, Gazebo dan tempat nongkrong dengan lapangan parkir yang luas. [Fatkhurrohim]

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *