News

“Beauty Confidential”, Tutorial Membuat Sendiri Produk Kosmetik Bebas Kimia

Wartaevent.com, Jakarta- Ahli Spa & Wellness dari Singapore, Tomoka Y Nguyen menerbitkan buku pertamanya berjudul “Beauty Confidential”. Dengan pengalamannya lebih dari 20 tahun di industri Spa & Wellness, Tomoka Y Nguyen fokus mempelajari perawatan kulit untuk pria dan wanita. Karena kulit merupakan organ terbesar dalam tubuh manusia. Tomoka adalah Direktur dari Spa at ESPA, di Resort World Sentosa Singapura dan The Peninsula Bangkok.

Kendati Nguyen bekerja sebagai konsultan dari berbagai merek perawatan terkenal. Ia sudah memiliki perusahaan sendiri, terutama untuk produk-produk perawatan kulit bebas kimia (chemical free), nama brand-nya JOJOMOKA Homemade Skincare.

“Beauty Confidential” adalah buku Dari hasil  penelitiannya selama 5 tahun. Berisi tentang isu dibalik industri kecantikan terkini. Termasuk hal hal yang tidak diungkapkan oleh industri besar kecantikan. Dalam teorinya, Nguyen memberikan saran yang sederhana, tentang konsep perawatan yang mudah untuk diimplementasikan sebagai gaaya hidup sehat

Ia melihat, selama ini banyak produk kecantikan yang kerap mencatumkan label organik, namun masih diragukan keotentikannya. Pencatuman bahan organik diberbagai merk dianggap cukup menggelisahkan. Terdapat banyak informasi yang cukup detail pada obat-obat diet atau makanan yang kita konsumsikan, tetapi kenapa sangat tidaklah mudah untuk mendapatkan keterangan yang jelas tentang apa yang terkandung dari produk perawatan kulit yang kita pergunakan tiap hari?

Yang menggelisahkan, ternyata dalam setiap produk perawatan pribadi mengandung sampai 14 macam bahan kimia. Menurut Washington based Environmental Working Group (EWG), rata-rata wanita Amerika menggunakan 12 macam produk perawatan pribadi setiap harinya. Dengan setiap produk mengandung sampai dengan 14 macam bahan kimia, mereka terekspos dengan lebih dari 100 macam bahan kimia setiap harinya. Dan yang mengkhawatirkan, 89% dari 10,500 bahan yang digunakan di produk perawatan pribadi belum diuji kelayakan keamanannya. FDA dan badan pemerintahan lainnya tidak pernah mengatur rambu rambu keamanan produk, tetapi menerima saja penilaian dan hasil uji coba dari berbagai perusahaan yang membuat produk-produk tersebut.

Dalam bukunya ia memberikan cara membuat produk perawatan pribadi. terutama dengan bahan alami yang mudah ditemukan disekitar kita– dan banyak kata indah lainnya yang ternyata hanyalah label marketing dan tidak ada kebenarannya, sehingga membuat kita harus menerka-nerka produk apa saja yang dapat dipercaya dan yang harus dihindarkan.