News

Co-Branding Wonderful Indonesia dengan Artis Entrepreneur

Warta Event – Jakarta. Dalam mewujudkan sektor pariwisata sebagai core economy Indonesia, Kementerian Pariwisata menindaklanjuti program Co-Branding Wonderful Indonesia dengan ditandai penandatanganan nota Sesepemahaman dengan 21 brand artis entrepreneur dan perjanjian kerjasama dengan 19 brand korporasi di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Selasa (14/11/2017) kemarin.

Langkah tersebut sebagai penetrasi pasar dan memperluas exposure brand Wonderful Indonesia (WI) dan Pesona Indonesia (PI) dengan memanfaatkan market network yang dimiliki oleh brand atau perusahaan di pasar domestik maupun global sekaligus melakukan sharing resources antara kedua brand yang ber-cobranding sehingga menghasilkan penghematan biaya promosi yang substansial karena dengan berpartner maka biaya promosi akan ditanggung secara bersama.

Arief Yahya, Menteri Pariwisata, mengatakan, dalam melakukan co-branding WI dengan artis entrepreneur sebagai endorser akan sama-sama mengembangkan kerjasama promosi melalui media jaringan yang dimiliki oleh para endorser (infotainment) maupun media jaringan Kemenpar dalam rangka mensukseskan target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan pergerakan 275 juta wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air pada 2019 mendatang.

Artis entrepreneur di bidang usaha kue (cake) yang melakukan co-branding dengan Wonderful Indonesia antara lain, Minang Mande Cake milik artis Rossa, Brand Banana Foster Cake milik artis Hengki Kurniawan, Semarang Wingkorolls (Dewi Sandra), Rain Cake (Shireen Sungkar), Cinnamon (Dhini Aminarti dan Dimas Seto), Scrummy (Dude Herlino), Premio (Baim Wong), Bandung Kunafe (Irfan Hakim dan Omesh).

image

Selain itu ada juga brand Surabaya Patata (Ria Ricis dan Oki Setiana Dewi), Reallycake (Prilly Latuconsina), Pekanbaru Cassata (Denny Cagur), Savvanacake (Fitri Carlina), Lenso Manado (Gracia Indri), Cirebon Sultana (Indra Bekti), Palembang Lamonde (Irwansyah), Gigieatcake (Raffi Ahmad dan Gigi), sedangkan bidang fashion antara lain brand Mandjha.ivangunawan (Ivan Gunawan), Urban Lips (Cathy Sharon), dan Cirebon Kelana (Andika Pratama/Ussy S).

Menpar Arief Yahya memberikan apresiasi kerjasama co-branding WI dengan artis entrepreneur yang dilandasi semangat Indonesia Incorporated. “Branding pariwisata Indonesia tidak bisa dilakukan secara sendirian oleh Kemenpar. Untuk itu dibutuhkan kebersamaan dan sinergi seluruh elemen bangsa dalam kerangka Indonesia Incorporated. Dengan kolaborasi dan bekerja bersama-sama kita akan ‘bigger-broader-better together,” kata Menpar Arief Yahya.

Lebih jauh lagi, Menpar Arief Yahya, menegaskan, inisiatif co-branding partnership ini untuk memanfaatkan momentum meroketnya kinerja brand WI/PI yang terlihat dari brand equity yang kini sudah sangat kokoh sebagai hasil pengembangan (building brand) selama 2,5 tahun terakhir. Brand WI/PI kini kian melejit di tengah menurunnya kinerja brand-brand pesaing regional. [Fatkhurrohim]