Warga Jakarta Diajari Cara Menanggulangi Bahaya Kebakaran Warga Jakarta Diajari Cara Menanggulangi Bahaya Kebakaran
Warta Event – Jakarta. Untuk menanggulangi musibah kebakaran, tim SIGAP!, komunitas peduli masyarakat terhadap bahaya kebakaran melakukan kegiatan sosialisasi penanggulangan bahaya kebakaran di RPTRA... Warga Jakarta Diajari Cara Menanggulangi Bahaya Kebakaran

Warta Event – Jakarta. Untuk menanggulangi musibah kebakaran, tim SIGAP!, komunitas peduli masyarakat terhadap bahaya kebakaran melakukan kegiatan sosialisasi penanggulangan bahaya kebakaran di RPTRA Borobudur, Kelurahan, Pegangsaan, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat.

SIGAP!, yang diinisiasi oleh mahasiswa Universitas Mercu Buana, Fakultas Ilmu Komunikasi, Jurusan Komunikasi Pemasaran dan Periklanan bekerjasama dengan Damkar Jakarta Pusat, pada hari Minggu (26/11/2017) kemarin, mengajak warga Kelurahan Pegangsaan agar tidak panik dalam menanggulangi bahaya kebakaran yang terjadi di rumah atau lingkungannya.

Kegiatan sosialisasi penanggulangan kebakaran diberikan kepada warga setempat seperti kebakaran yang diakibatkan dari kompor gas, hingga konsleting arus pendek listrik. Kegiatan ini pun sebagai upaya mendukung program Dinas Kebakaran DKI Jakarta untuk mengurangi kasus bencana kebakaran.

Sosialisasi ini diharapkan dapat menjadi  awal mula kerjasama komunitas SIGAP! sebagai mitra muda Damkar untuk mendukung program pemerintah DKI mengurangi angka kebakaran di Jakarta yang masih menghawatirkan dengan upaya sosialisasi bahaya api dan kebakaran kepada masyarakat.

SIGAP (2)

Taufik, Perwakilan Dinas Pemadam Kebakaran, Jakarta Pusat, mengatakan, dalam kegiatan sosialisasi ini warga kelurahan Pegangsaan diberikan pengetahuan seputar proses terjadinya kebakaran dan cara penanganannya. Setelah menyampaikan materi dilanjutkan dengan simulasi pemadaman kebakaran oleh Suku Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana yang melibatkan warga setempat.

Rangkaian kegiatan akan akhiri dengan penyerahan SIGAP! Kit berupa APAR, Sticker dan Pamflet berupa informasi dan panduan sederhana mengatasi kebakaran. Bantuan ini diberikan sebagai upaya membantu warga agar tanggap api sedini mungkin untuk mencegah resiko kebakaran yang lebih besar lagi.

Sementara itu, Farid Hamid Umarella, Ketua Bidang Studi Fakultas Ilmu Komunikasi, Jurusan Marcom & Advertising, Universitas Mercu Buana, mengatakan, pihaknya turut menjembatani masyarakat dalam memberikan edukasi soal pemadaman kebakaran. Sebab menurutnya sangat disayangkan, bila beberapa kali dijumpai warga yang tidak tahu fungsi dari alat pencegahan kebakaran yang disediakan damkar di wilayahnya

Kegiatan yang dimulai pada pukul 09.00 sampai 12:00 WIB ini dibuka oleh perwakilan dari Universitas Mercu Buana, PT. Telkom sebagai mitra dan pendukung kegiatan, Lurah/RW setempat, dan  Ketua Pelaksana SIGAP! [Fatkhurrohim]

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *