News

Wisuda STP Sahid, Lulusannya Terserap Pasar Dalam dan Luar Negeri

Warta Event – Jakarta. Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Sahid kembali meluluskan mahasiswanya. Sebanyak 528 mahasiswa di wisuda pada hari Selasa (17/10/2017) kemarin di Puri Ratna Agung Convention Hall Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta. Para wisudawan yang dinyatakan lulus terdiri dari Sarjana Sains Terapan Pariwisata, Ahli Madya Pariwisata dan Ahli Pratama Pariwisata.

Hingga saat ini, STP Sahid telah meluluskan 32 angkatan, memiliki kompetensi yang diakui secara nasional maupun internasional. Penyelenggaraan wisuda tahun ini mengangkat tema Peran Perguruan Tinggi Pariwisata Dalam Memperkuat Kearifan Lokal Sebagai Unique Selling Proposition Dalam Promosi Pariwisata Indonesia

Kusmayadi, Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Jakarta, mengungkapkan, almamaternya terus berupaya melakukan inovasi kurikulum dan pembelajaran, dan hasilnya pun cukup membanggakan.

Dari inovasi tersebut menghasilkan antara lain, enam program studi. Diantaranya, Diploma I Perhotelan, Diploma I Usaha Perjalanan Wisata, Diploma 3 Perhotelan, Diploma 3 Usaha Perjalanan Wisata, Diploma 4 Perhotelan, Diploma 4 Usaha Perjalanan Wisata seluruhnya telah Berakreditasi A.

STP Sahid pun, kata Kusmayadi, telah bekerja sama dengan Universite D’Angers Prancis pada angkatan ke VIII di bulan Januari 2017 dengan mengirim sebanyak enam mahasiswa untuk mengikuti program Double Degree.

STP Sahid Jaya (2)

“Kerjasama antara STP Sahid dengan Toho International College Jepang angkatan ke VII pada bulan April 2017 lalu, STP Sahid mengirim sebanyak 15 mahasiswa mengikuti program pembelajaran bahasa dan program interenship selama dua tahun,” ungkap Kusmayadi.

Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran, tahun ini STP Sahid menetapkan 10 Orang Manager Hotel dan Ketua Asosiasi Profesional sebagai Proffesional Faculty Member STP Sahid dengan tugas dan kewajibannya melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing.

Di tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 29 mahasiswa STP Sahid mendapatkan penghargaan sebagai “the best trainee” di Hotel Bintang lima dalam maupun luar negeri.

“Pelaksanaan Program Work Base Learning (WBL) dan Field Project bagi semester akhir telah menciptakan 211 mahasiswa kuliah sambil bekerja di Hotel bintang 5 dan menjadi pemilik usaha bidang pariwisata dan beberapa mahasiswa tersebut mengikuti wisuda pada hari ini,” tambah Kusmayadi.

STP Sahid kembali dipercaya oleh Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri menjadi provider program Darmasiwa yang berjumlah 19 orang mahasiswa yang berasal dari 15 negara diantaranya adalah India, Madagaskar, Fiji, Azerbaijan, Mexico, Thailand, Hungary, Vietnam, Zambia, Ethopia, East Timor, Kolombia, Zimbabwe, Yamen, Ukraine. [Fatkhurrohim]