Lifestyle

Bahaya Demensia Alzheimer di Masa Pandemi Ini Langkah Mengatasinya

WARTAEVENT.com – Jakarta. Demensia adalah sindrom gangguan penurunan fungsi otak yang mempengaruhi fungsi kognitif (memori), emosi dan perilaku aktivitas sehari-hari. Masyarakat sering menyebut kondisi ini sebagai pikun. 

Pikun seringkali dianggap biasa dialami oleh lansia karena bertambahan usia sehingga Demensia Alzheimer seringkali tidak terdeteksi, padahal gejalanya dapat dialami sejak usia muda.

Saat ini, di dunia, lebih dari 50 juta orang mengalami demensia dan Demensia Alzheimer adalah jenis terbanyak, sekitar 60-70%. Meningkatkan kesadaran akan bahaya pikun dan juga penguatan caregiver pada pandemi Covid-19 tentunya menjadi tantangan tersendiri.

Baca Juga : Tips Mengenali Skincare Sesuai Kebutuhan Kulit

Deteksi dini membantu penderita dan keluarganya untuk dapat menghadapi dampak penurunan fungsi kognitif (memori) dan pengaruh psiko-sosial dari penyakit ini dengan lebih baik. Penanganan Alzheimer sejak dini penting untuk memperlambat terjadinya kepikunan. 

Eisai Indonesia bersama RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta hari ini Sabtu (28/08/2021) mengadakan seminar awam terkait Demensia Alzheimer di Masa Pandemi yang diikuti oleh kurang lebih 255 peserta online. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *