News

Amankan Jejak Digital dengan Mengunggah Konten Berfaedah

WARTAEVENT.com – Sinjai. Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual pada hari Rabu (24/11/2021) di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.

Kolaborasi ketiga lembaga pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah “Jangan Sampai Menyesal, Jaga Jejak Digital”. Dan diikuti oleh 729 peserta dari berbagai kalangan masyarakat. 

Ada 4 narasumber pada sesi sesi webinar siang ini, di antaranya, Trainer Google News Initiative Network, Muhammad Yunus; Cyber Security Officerdan Dosen di Universitas Balikpapan, Anwar Fattah; Dosen Komunikasi Binus University, Sari Ramadanty; dan Pemuda Penggerak Jalur Rempah untuk UNESCO-Sulut, Ana Alnina. Adapun yang bertindak sebagai moderator adalah Communication Specialist, Tristania Dyah. 

Membuka webinar, Muhammad Yunus membawakan presentasi dengan tema “Informasi dan Jejak Digital”. Dia menyarankan untuk tetap menjadi diri sendiri saat menggunakan media sosial (medsos) dan tetap fokus pada bidang keahlian. “Tentukan tujuan bermedia sosial agar pengguna internet tidak meninggalkan jejak negatif di internet,” tandasnya. 

Paparan kedua dilanjut dengan Ana Alnina yang mengupas materi berjudul “Bijak Mengunggah di Media Sosial”. Menurut dia, jejak digital memiliki pengaruh besar untuk mendapatkan peluang pekerjaan, beasiswa dan lainnya. “Jangan sampai perusahaan atau pemberi beasiswa berpikir personal brandingkita di dunia maya tidak layak mendapatkan kesempatan itu,” katanya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *