Travel

Kolaborasi Kemenparekraf dan FPTI untuk Tingkatkan SDM Wisata Panjat Tebing

WARTAEVENT.com – Jakarta. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) dalam implementasi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang jasa pemanduan panjat tebing.

Langkah ini bertujuan menciptakan sumber daya manusia (SDM) pariwisata yang lebih kompeten dan berkualitas di sektor wisata petualangan, khususnya wisata panjat tebing. Diharapkan dapat meningkatkan kualitas pemandu panjat tebing serta pelayanan di sektor wisata petualangan.

Baca Juga : AKI 2024: Menparekraf Sandiaga Uno Apresiasi Kesuksesan UMKM Ekraf Indonesia

Kolaborasi antara Kemenparekraf dan FPTI telah berlangsung sejak lama, khususnya dalam penyusunan SKKNI Bidang Jasa Pemanduan Panjat Tebing yang baru saja disahkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan melalui Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 81 Tahun 2024.

Sosialisasi SKKNI untuk Jasa Pemanduan Panjat Tebing Direktur Standardisasi Kompetensi Kemenparekraf, Faisal, dalam “The Weekly Brief With Sandi Uno” di Jakarta, Selasa (17/9/2024), mmenjelaskan bahwa Kemenparekraf akan segera sosialisasikan melalui seminar yang melibatkan 34 SKKNI bidang pariwisata.

Salah satu fokus utamanya adalah SKKNI Jasa Pemanduan Panjat Tebing. “Kami akan melakukan sosialisasi kepada mereka yang menempuh pendidikan vokasi LSP, BLK, serta dinas pariwisata di berbagai kota/kabupaten. Setelah itu, akan dilakukan pilot project untuk pelatihan berbasis kompetensi dan sertifikasi kompetensi,” ujar Faisal.

Faisal menambahkan, pihaknya akan mengembangkan enam jenjang okupasi pada bidang pemanduan panjat tebing, mulai dari level kualifikasi 2 hingga 7. Hal ini akan menjadi dasar pengembangan pelatihan berbasis kompetensi dan sertifikasi di masa depan.

Baca Juga : Dihadiri 500 Agen Perjalanan, Indotravelstore Raih Sukses Besar di Travel Agent Workshop

SKKNI Bidang Jasa Pemanduan Panjat Tebing: Fokus pada Keamanan dan Pelayanan SKKNI Bidang Jasa Pemanduan Panjat Tebing mencakup 50 unit kompetensi yang dirancang untuk memastikan para pemandu memiliki keterampilan dalam menjaga kelestarian alam, manajemen pemasaran, hingga keselamatan wisatawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *