Ekonomi

ASDP Perkuat Digitalisasi Lewat Ferizy Hadapi Natal dan Tahun Baru 2025

WARTAEVENT.comm – Jakarta. PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) semakin memperkuat digitalisasi layanan penyeberangan untuk menghadapi puncak arus penumpang pada periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

Peningkatan jumlah penumpang diprediksi terjadi antara 15 Desember 2024 hingga 7 Januari 2025. Sebagai langkah antisipasi, ASDP fokus mengoptimalkan layanan pemesanan tiket ferry online melalui aplikasi Ferizy.

Baca Juga : Kinerja Moncer, ASDP Catat Pertumbuhan Aset hingga 45,47% Periode 2019-2023

Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin, menekankan pentingnya peran Ferizy dalam memastikan operasional yang lancar. “Kami mendorong masyarakat untuk membeli tiket secara online melalui Ferizy, minimal H-1 sebelum keberangkatan, serta tiba di pelabuhan sesuai jadwal yang tertera di tiket,” ujar Shelvy.

Melalui penerapan sistem e-ticketing, ASDP mampu mengurangi antrean, mempercepat proses layanan, dan mencatat manifes penumpang secara akurat. Tren positif penggunaan Ferizy juga terus meningkat.

Hingga September 2024, Ferizy telah digunakan oleh lebih dari 2,5 juta pengguna, jauh meningkat dari 438.105 pengguna pada tahun pertama diluncurkan pada 2020. Layanan digital ini kini tersedia di 47 pelabuhan di seluruh Indonesia, memungkinkan pemesanan tiket hingga H-60 sebelum keberangkatan.

Baca Juga : Rayakan Pesta Kemerdekaan 2024, ASDP Targetkan 1.000 Pengunjung di Bakauheni Harbour City

ASDP menyediakan berbagai metode pembayaran yang fleksibel, termasuk transfer bank dan e-wallet seperti LinkAja, OVO, dan DANA. Hal ini mempermudah masyarakat dalam membeli tiket, serta memberikan kenyamanan dan keamanan transaksi secara digital.

Selain persiapan untuk Natal dan Tahun Baru, ASDP juga memperluas layanan e-ticketing di Cabang Surabaya mulai 8 Oktober 2024, mencakup Pelabuhan Bawean, Paciran, dan Gresik. Melalui situs trip.ferizy.com, masyarakat bisa memesan tiket penyeberangan dengan mudah dan aman.

“Dengan digitalisasi ini, masyarakat dapat memesan tiket jauh hari sebelumnya dan dipastikan bisa berangkat sesuai jadwal,” tambah Shelvy.

Baca Juga : PT ASDP Catat Peningkatan Layanan Penumpang dan Kendaraan di Semester I-2024

ASDP saat ini mengoperasikan 6 kapal di Surabaya, dengan 9 lintasan aktif, termasuk lintasan perintis. Data terbaru mencatat peningkatan jumlah penumpang, seperti di lintasan Gresik-Bawean yang naik 40% menjadi 20.167 penumpang, dan peningkatan jumlah kendaraan sebesar 11% menjadi 2.758 unit hingga Agustus 2024. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *