Ajak Generasi Muda Memanfaatkan Internet Lebih Berfaedah, Ini Caranya
WARTAEVENT.com – Bojonegoro. Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan webinar Literasi Digital melalui aplikasi zoom dari bulan Mei hingga Desember 2021 mendatang.
Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab.
Penyelenggaraan Kegiatan webinar Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di Kabupaten Bojonegoro pada hari Sabtu (10/07/2021) dengan mendatangkan 4 narasumber yaitu Puput Suriyah, S.Pd., M.Pd, Dr. Agung Slamet Riyadi, ST., MMSI, Khelmy K. Pribadi, M. Si, Rezha Sahhilny Amran dan Gery Ardian (KOL).
Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah “No Candu, Candu Gadget Club”. Dan diikuti oleh 1.268 peserta.
Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Reza Sahhilny Amran adalah, bagaimana cara mengajak generasi muda kita agar memanfaatkan internet tidak hanya untuk bermedia sosial saja?
Namun menggunakannya pada hal-hal yang lebih bermanfaat, sebab lebih dari 90% generasi muda kita memanfaatkan internet utk bermedia sosial?.
Dan pada saat itu Reza Sahhilny Amran langsung memberikan jawaban, kita berikan arahan, masukan atau saran yang menerangkan bahwa sosial media adalah paltform untuk dapat membranding diri. Perlu dikasih tahu pula setiap sosial media memiliki highlight tagert audiens yang beberda-beda.
Tujuan utama Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar webinar Literasi Digital ini karena diharapkan masyarakat Indonesia pada akhir tahun ini mencapai 10 juta orang terliterasi dan diharapkan meningkat menjadi 50 juta orang di tahun 2024 mendatang.
Literasi Digital yang mengakat tema besar Indonesia Makin Cakap Digital ini membahas 4 pilar utama Literasi Digital yakni, budaya bermedia (digital culture), aman bermedia (digital safety), etis bermedia (digital ethics) dan cakap bermedia digital (digital skills). [*]