Cukup Teknologi Saja yang Berubah, Karakter Jangan
Ini ada anak main game sampai jari-jarinya sudah lihai. Kemudian emosinya bisa tidak terkontrol, karena melontarkan kata kotor. Saat ditanya apakah kamu tahu maksud perkataan tersebut, ternyata anak ini tidak tahu artinya.
Maka kita perlu edukasi, dan tidak menghalangi ia main game, karena bisa hambat perkembangannya, namun saya berikan batasan main game dengan aplikasi otomatis game-nya mati saat sudah mencapai batas waktu.
“Ketika berinteraksi dengan baik di dunia nyata, maka bawalah pula saat di dunia digital,” pungkas Soni “Amho” Mongan.
Tujuan utama Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar webinar Literasi Digital ini karena diharapkan masyarakat Indonesia pada akhir tahun ini mencapai 10 juta orang terliterasi dan diharapkan meningkat menjadi 50 juta orang di tahun 2024 mendatang.
Literasi Digital yang mengakat tema besar Indonesia Makin Cakap Digital ini membahas 4 pilar utama Literasi Digital yakni, budaya bermedia (digital culture), aman bermedia (digital safety), etis bermedia (digital ethics) dan cakap bermedia digital (digital skills). [*]