Harus Ada Kesepakatan Orang Tua dan Anak untuk Bermain Games
WARTAEVENT.com – Sidoarjo. Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan webinar Literasi Digital melalui aplikasi zoom dari bulan Mei hingga Desember 2021 mendatang.
Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab.
Penyelenggaraan Kegiatan webinar Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di Kabupaten Sidoarjo pada hari Selasa (06/07/2021) dengan mendatangkan 4 narasumber yaitu Faizal Johan Atletiko, S.Kom., M.T., Yordan Gunawan, SH, MH, MBA., Rachel Octavia, Tio Prasetyo Utomo, dan Rizky Ardi Nugroho.
Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah “Literasi Digital untuk Generasi Anti Hoax”. Dan diikuti oleh 457 peserta.
Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Faizal Johan Atletiko, S.Kom., M.T. adalah kenapa kebanyakan orangtua tidak mengizinkan anaknya bermain game online sedangkan memungkinkan anaknya berpontensi dalam game online dan sudah banyak terlaksana turnamen e-sport dan infonya akan ada di seagames?
Dan pada saat itu Faizal Johan Atletiko, S.Kom., M.T. langsung memberikan jawaban, bisa jadi positive internet tetap harus melihat ada sarat dan ketentuan sehingga bisa membagi waktu, jadi jika ingin melakukan e-sport juga tidak bisa overtraining sehinnga dalam game online juga tidak boleh ada waktu yang over.
Jadi sebaiknya anak dan orangtua didudukan bersama berdiskusi dan saling diberi pengertian. Dan selama memiliki program Latihan maka sudah cukup.
Tujuan utama Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar webinar Literasi Digital ini karena diharapkan masyarakat Indonesia pada akhir tahun ini mencapai 10 juta orang terliterasi dan diharapkan meningkat menjadi 50 juta orang di tahun 2024 mendatang.
Literasi Digital yang mengakat tema besar Indonesia Makin Cakap Digital ini membahas 4 pilar utama Literasi Digital yakni, budaya bermedia (digital culture), aman bermedia (digital safety), etis bermedia (digital ethics) dan cakap bermedia digital (digital skills). [*