News

Pemerintah Siapkan Paket Tour di 18 Destinasi Unggulan Untuk Visit Wonderful Indonesia 2018

Warta Event – Jakarta. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata jilid empat yang berlangsung hari ini Selasa, (12/12/2017) di Kota Kasablanka, Jakarta,mtelah menetapkan program promosi dan penjualan paket wisata menarik 18 destinasi unggulan di Tanah Air.

Arief Yahya, Menteri Pariwisata (Menpar) dalam Rakornas yang yang mengangkat tema “Visit Wonderful Indonesia 2018” menyatakan, Rakornas Pariwisata IV-2017 akan fokus pada pembahasan program Calendar of Event Wonderful Indonesia (CoE WI) 2018 dan sinkronisasi dengan industri pariwisata serta persiapan paket tour di masing-masing destinasi yang dikemas dalam paket tour.

“Kita menyiapkan CoE WI dan paket tour VIWI 2018 yang ada di 18 destinasi unggulan yang paling siap dalam mendatangkan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia,” kata Menpar Arief Yahya.

Sebanyak 18 destinasi tersebut tersebar di Sumatera (Medan/Danau Toba, Batam, Belitung, Padang, dan Pelembang), Pulau Jawa (Jakarta, Bandung, Borobudur/Yogyakarta, Solo, Subaya-Bromo-Tengger, dan Banyuwangi), Kalimantan (Balikpapan), Bali, Nusa Tenggara Barat (Lombok), Sulawesi (Makassar/Wakatobi dan Manado), dan Papua Barat (Raja Ampat).

Menpar Arief Yahya mengatakan, penyiapan pelaksanaan CoE WI dan paket tour VIWI 2018 melibatkan dukungan semua stakehoder pariwisata dalam semangat Indonesia Incorporated sebagai upaya memperkuat unsur 3 A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas) khususnya untuk penjualan paket-paket wisata yang banyak melibat industri pariwisata maupun perusahaan airlines.

image

Ia memberi perbandingan (benchmarking) dengan sejumlah negara melakukan strategi penjualan (hard sellu g) dengan melakukan bundling antara lain Vietnam yang sukses dalam melakukan selling sehingga pertumbuhan pariwisata negeri itu melejit.

“Pariwisata Indonesia pada posisi Januari-September 2017 berhasil mendatangkan 10,46 juta wisman atau tumbuh 25,05%,mketika itu optimis target akhir tahun 15 juta wisman akan terlampaui. Namun dalam perjalanan adanya erupsi Gunung Agung target ini sulit tercapai. Kemungkinan tercapai sekitar 14 juta atau kurang dari 15 juta wisman,” kata Arief Yahya.

Menpar kembali menegaskan, CoE WI 2018 antara lain mempersiapkan 100 premiere event diantaranya dua event besar yaitu Asian Games dan Annual Meeting IMF-WB akan menjadi momentum untuk mendulang banyak wisman serta mengenalkan destinasi wisata Indonesia.

Guna menyambut kehadiran puluhan ribu atlet, official, dan suporter dari 45 negara di ajang Asian Games di Jakarta dan Palembang Kemenpar bersama industri pariwisata dan dinas pariwisata daerah menyiapkan paket wisata (pre-on-post event) di sejumlah destinasi antara lain; Palembang, Banten, Bandung, Bali, dan Lombok.

Begitu juga untuk menyambut event pertemuan IMF-World Bank di Bali pada Oktober 2018 dengan 15.000 delegasi dari 189 negara anggota telah disiapkan 60 paket wisata untuk mempromosikan destinasi Bali dan enam destinasi Bali beyond yakni Lombok, Komodo, Yogyakarta, Tana Toraja, Danau Toba dan Banyuwangi. [Fatkhurrohim]