Pantau Permainan Game Anak Untuk Mengikis Kata-Kata Kasar
WARTAEVENT.com – Jombang. Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan webinar Literasi Digital melalui aplikasi zoom dari bulan Mei hingga Desember 2021 mendatang.
Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab.
Penyelenggaraan Kegiatan webinar Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di Kabupaten Jombang pada hari Kamis (18/11/2021) dengan mendatangkan 4 narasumber yaitu M. Tholib, Iis Hendro Gunawan, Ulil Albab, Yusuf Satria dan Nuril Baskan.
Dalam acara Lierasi Digital kali ini, tema yang diangkat adalah “Bersama Lindungi Data Pribadi di Paltform Digital”. Dan Literasi Digital kali ini diikuti oleh 446 peserta dari berbagai kalangan masyarakat.
Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada Narasumber Alrido Pradanar adalah, bagaimana tips untuk berkarya, tetap fokus pada prosesnya & meminimalisir ekspektasi yang terlalu tinggi akan hasil dan feedbacknya.?
Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Ulil Albab adalah, terkait komentar yang tidak senonoh anak-anak muda dalam bermain game di platform game online, dan bagaimana cara menumbuhkan rasa bersopan santun di dunia nyata maupun di dunia maya.
Dan pada saat itu Ulil Albab langsung memberikan jawaban, kita harus memantau game yang digunakan oleh anak, karena di dalam game ada yang namanya rekomendasi usia. Karena hal ini akan mempengaruhi pergaulan-pergaulan.
Karena anak-anak biasanya masih belum bisa menyaring mana hal yang positif dan negatif. Ketika anak-anak sudah mengalami perubahan perilaku, kita harus lebih aware dan perhatian.
Tujuan utama Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar webinar Literasi Digital ini karena diharapkan masyarakat Indonesia pada akhir tahun ini mencapai 10 juta orang terliterasi dan diharapkan meningkat menjadi 1.653 juta orang di tahun 2024 mendatang.
Literasi Digital yang mengakat tema besar Indonesia Makin Cakap Digital ini membahas 4 pilar utama Literasi Digital yakni, budaya bermedia (digital culture), aman bermedia (digital safety), etis bermedia (digital ethics) dan cakap bermedia digital (digital skills). [*]