News

Sandiaga Uno Serahkan BIP JPU di Banyuwangi

WARTAEVENT.com – Banyuwangi. Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menyerahkan secara simbolik Bantuan Insentif Pemerintah  Jaring Pengaman Usaha (BIP JPU) kepada 5 orang penerima di Kabupaten Banyuwangi dari 800 penerima seluruh Indonesia. 

“Masing-masing mendapatkan Rp10 juta, dan kita harapkan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin,” ujar Sandiaga Uno dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. 

Kemenparekraf memberikan bantuan pendanaan bagi usaha yang bergerak di sektor ekonomi kreatif. Jenis Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) Kemenparekraf tersedia dalam dua bagian yaitu BIP Reguler dan BIP JPU (Jaringan Pengaman Usaha).

Baca Juga : Menggantikan Karpet Mesjid Al Barokah yang Sudah Usang, Sandiaga Uno Diapresiasi Sebagai Pemimpin yang Solutif dan Gercep

Bagian pertama diperuntukkan kepada BIP reguler, usaha yang sudah memiliki NIB dan berbadan hukum, yang dibagi menjadi 8 subsektor; aplikasi, game, developer, kriya, fesyen, kuliner, film/video & animasi, dan pariwisata. Jumlah bantuan maksimal Rp.100 juta per penerima. 

Sementara BIP JPU dibagi menjadi 3 (tiga) subsektor meliputi : fesyen, kuliner, kriya diperuntukkan bagi usaha yang sudah memiliki NIB dan berbadan usaha. Jumlah bantuan Rp10 juta per penerima. “Ini adalah salah satu bentuk perhatian kami kepada UKM yang terdampak pandemi,” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *