News

Sharing Session Road IRSA 2017 Wujudkan Zero Accident di Indonesia

Warta Event – Jakarta. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, perubahan beban penyakit kecelakaan lalu lintas dari tahun 1990 hingga tahun 2015 telah berubah dari peringkat 5 meningkat menjadi peringkat 2 setelah penyakit stroke.

Data dan fakta tersebut menunjukkan bahwa Keselamatan Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) harus tetap menjadi prioritas utama pemerintah dan mendapatkan dukungan penuh dari seluruh lapisan masyarakat. Belum lagi didukung dengan data kecelakaan LLAJ di Jakarta pada tahun 2016 didominasi sepeda motor yang mencapai 72 persen.

Kecelakaan LLAJ ini pun ternyata membawa dampak terhadap perekonomian nasional. Kecelakaan LLAJ ini sampai menurunkan angka PDB pada kerugian ekonomi sebesar 2,9 – 3,1% atau setara dengan kerugian ekonomi sebesar Rp205 – 220 Triliun.

Dari Beberapa hal tersebut, menjadi topik bahasan dalam Sharing Session Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2017 yang berlangsung pada (25/10/2017) kemarin di Kantor BAPPENAS, Jakarta.

Sharing Session IRSA merupakan forum diskusi antar pemerintah kota dan kabupaten yang menjadi finalis IRSA 2017 dengan instansi terkait jelang penentuan ajang penghargaan IRSA 2017.

IRSA (2)

Indra Baruna, Direktur Utama Adira Insurance mengungkapkan, forum ini untuk mempertemukan pemerintah kota dan kabupaten finalis dengan instansi terkait sehingga hasilnya dapat dijadikan referensi untuk menerapkan sistem tata kelola keselamatan jalan yang baik di wilayahnya.

“Dengan adanya sharing session ini, menjadikan IRSA yang tidak hanya sekedar penghargaan melainkan mampu merangkul berbagai pihak untuk saling bersinergi mewujudkan zero accident di Indonesia,” ungkap Indra.

Sementara itu, Ikhwan Hakim, Direktur Transportasi Kementerian PPN/BAPPENAS, mengutarakan, pencapaian target nasional untuk penurunan korban akibat kecelakaan LLAJ harus didukung oleh seluruh pemerintah daerah, pihak swasta serta masyarakat.

“Oleh sebab itu, pelaksanaan IRSA sebagai bentuk kemitraan dengan pihak swasta untuk mendorong keselamatan LLAJ di daerah melalui kompetisi dan saling belajar antar daerah,” pungkas Ikhwan Hakim.

Ajang IRSA itu sendiri merupakan wujud apresiasi kepada kota dan kabupaten terbaik dalam hal penerapan tata kelola keselamatan jalan. IRSA merupakan rangkaian dari program corporate social responsibility Adira Insurance yang bertajuk kampanye I Wanna Get Home Safely!.