Categories: News

Saatnya Anak Muda Berbudaya dalam Bermedia Sosial

WARTAEVENT.com – Banjarmasin. Dalam rangka kampanye Gerakan Nasional Literasi Digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyelenggarakan Pesta Siswa Literasi Digital #MakinCakapDigital 2024 sebagai puncak dari rangkaian acara Literasi Digital 2024 untuk segmen pendidikan di Kalimantan dengan tema “Pendidikan untuk Generasi Emas di Era Digital”, Selasa (21/5/2024).

Adapun narasumber diskusi adalah Pranata Komputer Ahli Pertama Dinas Kominfotik Banjarmasin, Rizki Yuwanda; Dosen UIN Antasari Banjarmasin, Muhammad Ridha; Pamong Budaya, Rayi Pirukya Amadyuti; CEO PT Borneo Mediatama Digital, Dedi Priansyah; Konten Kreator dan Penggiat Visual, Kysahh; serta Kepala Seksi Tata Kelola & Ekosistem e-Government Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar, Ninik Widayati.

Mitra Kolaborasi webinar kali ini adalah Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), yang didukung penuh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, dengan lokasi webinar mengambil tempat di Gedung Sultan Suriansyah, Banjarmasin.

Baca Juga : Literasi Digital Membentuk Generasi Cakap dan Cerdas di Duia Digital

Selaku pemberi keynote speech yakni Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Kalsel, Muhammadun. Adapun peserta yang hadir sekitar 2.000 siswa sekolah dari berbagai jenjang dan lembaga pendidikan di wilayah Kabupaten Banjar, Kota Banjarmasin dan sekitarnya. Acara ini juga dimeriahkan artis lokal Anisa Cahyani dan Febby Putri.

Survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Tahun 2023, menyebutkan pengguna internet di Indonesia mencapai 215,62 juta atau setara 78,19 persen dari total populasi Indonesia. Disaat yang sama, pengukuran status literasi digital Indonesia 2023 terhadap 38 provinsi melaporkan bahwa kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan TIK semakin membaik dalam setahun terakhir.

Indeks literasi digital Indonesia di awal 2023 ada di level 3,54 dari skala 1-5 jika dibandingkan dengan 2020 lalu yang ada di level 3,46.

Di era digital ini, tantangan dan peluang baru muncul, mendorong kita untuk merubah pendekatan pendidikan guna menciptakan generasi emas yang siap menghadapi perubahan di masa depan. Dengan cakupan teknologi dan internet yang dapat diakses hingga ke pelosok negeri bahkan seluruh dunia, generasi muda harus memiliki kemampuan untuk menyaring informasi yang bernilai untuk dapat dimanfaatkan dan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran.

Bersama dengan pendidikan karakter untuk mendorong perilaku positif bagi generasi muda dengan menanamkan nilai tanggung jawab, empati, sopan santun, dan kejujuran, penguatan literasi digital di dunia pendidikan akan menciptakan pendidikan yang berkualitas demi era Indonesia Emas yang cakap digital dan beretika.

Baca Juga : Literasi Digital Dibutuhkan Agar Memudahkan Beradaptasi di Era Revolusi Industi 4.0

Dalam pidato kuncinya, Muhammadun mengungkapkan, peningkatan kemampuan penggunaan internet secara aman dan produktif telah membawa perubahan besar dalam cara berkomunikasi, belajar, dan bekerja. Namun, kemajuan tersebut juga memunculkan berbagai tantangan. Tanpa literasi digital yang memadai, masyarakat berisiko terperangkap dalam arus informasi palsu, jebakan privasi, dan ancaman keamanan online.

Menurut dia, literasi digital adalah langkah pertama untuk mempersiapkan generasi muda menguasai teknologi. Para peserta didik harus mampu memanfaatkan teknologi digital untuk hal yang kreatif dan produktif. Dia pun mendorong para siswa menggunakan media sosial dengan baik dan belajar memilah berita yang sesuai fakta.

Page: 1 2

redaksi wartaevent

Leave a Comment

Recent Posts

‘Jaksa Punya Cerite’ Promo Staycation dari Dafam Express Jaksa Jakarta di HUT Jakarta ke-497

WARTAEVENT.com – Jakarta. Memasuki bulan Juni, sekaligus merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta, Dafam Express Jaksa Jakarta kembali memberikan… Read More

15 hours ago

Penuhi Kebutuhan Darah Golongan A, INNSIDE Yogyakarta Gelar Donor Darah

WARTAEVENT.com – Yogyakarta. Merayakan Hari Donor Darah Sedunia setiap tanggal 14 Juni, INNSiDE Yogyakarta bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia,… Read More

15 hours ago

Pagu Anggaran Pariwisata Minta Ditambah, Menparekraf : Sebut untuk Kemajuan Parekraf

WARTAEVENT.com – Jakarta. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan pengajuan tambahan pagu anggaran untuk tahun 2025… Read More

2 days ago

INAMICE 2024: Merancang Masa Depan Jakarta sebagai Destinasi Bisnis Global

WARTAEVENT.com – Jakarta. Bertepatan Hari jadi Kota Jakarta ke-497, Program Studi MICE Politeknik Negeri Jakarta akan menyelenggarakan Konferensi Indonesia MICE… Read More

2 days ago

Konferensi NUSAMICE 2024, Upaya Menjadikan Kota Semarang sebagai Destinasi MICE di Jawa Tengah

WARTAEVENT.com – Semaarang. Program Studi MICE PSDKU Demak - Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) telah menyelenggarakan Konferensi NUSAMICE 2024 yang terbuka… Read More

2 days ago

PT ASDP Inisiasi Kegiatan Volunteer Bedah Rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah

WARTAEVENT.com – Kalianda. Sebagai wujud komitmen perusahaan dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) kembali menggelar program… Read More

2 days ago