Ini Poin Penting Permohonan Gubernur Aceh Ke Pemerintah Pusat Ini Poin Penting Permohonan Gubernur Aceh Ke Pemerintah Pusat
Warta Event – Sabang. Guna mewujudkan Kota Sabang sebagai Kota Tuna Dunia di kawasan Samudera Hindia pada tahun 2020 serta sebagai poros maritim kepala... Ini Poin Penting Permohonan Gubernur Aceh Ke Pemerintah Pusat

Warta Event – Sabang. Guna mewujudkan Kota Sabang sebagai Kota Tuna Dunia di kawasan Samudera Hindia pada tahun 2020 serta sebagai poros maritim kepala pemerintahan Provinsi Aceh, Irwandi Yusuf, hari ini Sabtu (2/12/2017) di acara Sail Sabang 2017 mengajukan beberapa permohonan langsung ke Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Irwandi, mengatakan, dengan adanya cetak biru dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), tahun 2025 dan infrastruktur yang memadai maka Aceh akan lebih maju dan sejahtera serta menjelma menjadi model percontohan poros maritim dunia.

Namun kata Irwandi, pembangunan tidak mungkin terwujud jika tidak didukung dengan komitmen penuh dari pemerintah pusat. “Untuk itu kami mengajukan beberapa Permohonan kepada Wapres untuk kemajuan Aceh,” tambah Irwandi.

Permohonan tersebut tertuang dalam enam poin pokok, yakni pertama, Gubernur Aceh memohon kepada untuk mendelegasikan pengelolaan secara otonomi kepada pemerintah Aceh dengan prinsip perikanan yang berkelanjutan.

Kedua, Aceh memohon ke Wapres untuk mendukung pembangunan infrastruktur di bandara, jalan, listrik, telepon, internet dan Air bersih. Melakukan Perluasan dan pengembangan bandara menjadi bandara internasional. “Dan Kepada Ibu Susi, mohon kiranya Sabang dijadikan sebagai pelabuhan sektor perikanan, sehingga jika mau ekspor tidak perlu ke Aceh,” Irwandi Merinci.

image

Kemudian, di poin ketiga, Aceh memohon ke Wapres untuk pembangunan SMK, Politeknik perikanan dan pariwisata di Aceh khususnya di kota Sabang untuk menyiapkan SDM yang berkualitas dan beretos kerja di bidang pariwisata dan perikanan.

Keempat, seraya memohon kepada Wapres untuk mendukung terlaksananya event internasional dan nasional di Aceh. Selaku pimpinan pemerintah Aceh dan kota sabang, dirinya siap bekerja keras untuk memfasilitasi event-event tersebut.

Poin kelima dan keenam, Irwandi memohon, agar pemerintah pusat Berkenan untuk memperkenalkan dan meningkatkan investasi di Aceh. Serta turut mendukung percepatan pembangunan di wilayah Aceh.

Dalam kesempatan itu pun, Irwandi memohon secara khusus kepada jajaran kabinet kerja dalam hal ini Menko Maritim, Menteri Pariwisata, Menteri KKP, Menteri Perhubungan, dan lainnya agar event Sail Sabang menjadi annual event, sehingga kota Sabang apat berkontribusi dalam mewujudkan capaian kunjungan 20 juta wisman di tahun 2019. [Fatkhurrohim]

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *