News

Ada Indikasi Konten Tak Layak Ditonton, Cek dengan Fitur Cek Fakta

WARTAEVENT.com – Pasuruan. Dalam dunia sosial media, banyak sekali konten viral yang tidak jelas kebenarannya. Kalau pun benar terkadang konten tersebut tidak layak untuk ditonton.

Demi pundi-pundi keuangan mengalir ke kantong pribadi, maka konten tersebut pun disebar dan atau diunggah ke akun sosial media lainnya. Alhasil, semakin tambah viral. 

Realita ini menjadi diskusi menarik dalam webinar Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika pada hari ini Senin (07/06/2021) di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur yang diikuti oleh 103 peserta.

Dr. Nasrul Syarif S.Sos.I., M.Si. salah satu narasumber dalam webinar tersebut menjelaskan, untuk menyikapi hal seperti ini ada baiknya sesama pengguna sosial media agar cermat dalam menyaring dan membagikan konten atau infomasi.

“Terlebih lagi konten atau informasi tersebut tidak layak untuk ditayangkan. Pikir terlebih dahulu sebelum disebar, kemudian pahami penulisannya, kemudian gunakan fitur cek fakta,” pungkas Nasrul.

Tujuan utama Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar webinar Literasi Digital ini karena diharapkan masyarakat Indonesia pada akhir tahun ini mencapai 10 juta orang terliterasi dan diharapkan meningkat menjadi 50 juta orang di tahun 2024 mendatang.

Literasi Digital yang mengangkat tema besar Indonesia Makin Cakap Digital ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills). [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *