News

Baiknya Berhati-Hati Berinvestasi Dimasa Pandemi

WARTAEVENT.com – Situbondo. Pandemi Covid-19 membuat setiap orang harus menyusun kembali portofolio aset investasi dan likuiditas mereka. Mengingat di tengah situasi penuh ketidakpastian ini seseorang bisa sewaktu-waktu membutuhkan dana darurat.

“Saya menyarankan lebih berhati-hati dalam berinvestasi di tengah pandemi Covid-19. Seperti investasi pilih yang mudah dicairkan ke dalam bentuk tunai itu. Karena bagaimana pun kita perlu yang mudah dicarikan untuk dana darurat saat pandemi ini,” ujar Shanty Noor Handayani, Guru Biologi SMA 1 Panarukan, dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di wilayah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Senin (21/6/2021).

Shanty mencontohkan, investasi di logam mulia bisa menjadi pilihan aman bagi para investor di tengah pandemi Covid-19. Mengingat emas termasuk jenis investasi yang mudah di konversi ke tunai.

“Emas saat ini memang menjadi pilihan aman. Karena memang kelebihannya mudah di cairkan sewaktu-waktu. Bagaimana pun juga cash is king dalam situasi krisis ini,” paparnya.

Lanjut dia, namun masyarakat sebaiknya tidak berharap lebih akan keuntungan berinvestasi di logam mulia. Menyusul mulai terjadinya tren penurunan harga emas dalam beberapa waktu terakhir akibat kemajuan proses penemuan vaksin anti Corona.

“Tapi harga emas kan terus turun juga, maka kita jangan berharap lebih untuk keuntungan. Bagaimana pun juga kian dekatnya kehadiran vaksin anti Corona membuat emas tidak lagi jadi instrumen investasiburuan investor,” ucapnya.

Ia juga mencontohkan, investasi lain yang bisa dilakukan saat pandemi ini adalah hasil ternak dan juga hasil panen. “Seperti padi hasil panennya bisa diuangkan sewaktu-waktu butuh. sedangkan hasil ternak bisa dijual pada saat momen Lebaran Haji dengan untung yang lebih besar,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *