News

Agar Tak Kalah dengan Generasi Alpha, Begini Caranya

WARTAEVENT.com – Minahasa Tenggara. Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual pada hari ini Selasan (02/11/2021) di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara. 

Kolaborasi ketiga lembaga pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah “Menjadi Pendidik yang Cerdas dan Cakap Digital” Dan diikuti oleh 917 peserta dari berbagai kalangan masyarakat.

Ada 4 narasumber pada sesi sesi webinar siang ini, di antaranya Guru SMPN 10 Mapanget dan Master Teacher Kota Manado, Fatmawati; Guru dan Konten Kreator Muslimin, Guru Sosiologi, Yenti Dwi Rositasari; dan Penjelajah Nusantara, Taufik Hippy. Sedangkan moderator yaitu Heri Susanto selaku Jurnalis.

Menurut Fatmawati, pemateri pertama yang menyampaikan tema “Kemampuan Literasi Digital yang Wajib Dimiliki Guru Generasi Alpha”, tantangan tenaga pendidik dalam mengajari generasi alpha, diantaranya harus akrab dengan teknologi, mampu membuat konten yang menarik, mempersiapkan desain belajar yang menantang, ajarkan tanggung jawab, mampu mendorong kreativitas, serta menggiatkan kegiatan kolaborasi. 

Sedangkan kiat bagi orang tua dalam mengawasi proses pembelajaran anak, misalnya meningkatkan pengetahuan dan teknologi, mengajarkan anak bersosialisasi, mengajak anak berkegiatan fisik, serta membekali dengan pendidikan agama dan moral. “Orang tua harus memainkan peran sebagai teman diskusi, tempat bertanya dan tempat mencurahkan kasih sayang,” ujarnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *