News

Belanda Kembalikan 288 Objek Budaya ke Indonesia

WARTAEVENT.com – Jakarta. Guna memperkuat hubungan budaya antara Indonesia dan Belanda, pemerintah Belanda secara resmi akan mengembalikan 288 objek budaya bersejarah kepada Indonesia, Jum’at (20/9/2024).

Pengembalian ini adalah yang kedua kalinya setelah permintaan Indonesia untuk mengembalikan barang-barang yang diambil selama periode kolonial.

Baca Juga : Perkuat Ikatan Budaya, Belanda dan Indonesia Hadirkan ‘Program Pertukaran Pengetahuan Museum’

Keputusan ini diambil oleh Eppo Bruins, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, dan Ilmu Pengetahuan Belanda, setelah mendapatkan rekomendasi dari Komite Koleksi Kolonial yang dipimpin oleh Lilian Gonçalves-Ho Kang You.

Objek-objek budaya ini sebelumnya disimpan di Wereldmuseum, dan pengembaliannya dilakukan dengan kerja sama erat antara para ahli museum serta Komite Repatriasi Indonesia.

Baca Juga : Lawatan Terakhir, Raja dan Ratu Belanda Kunjungi Danau Toba

Empat patung Hindu-Buddha, yang terdiri dari patung Bhairava, Nandi, Ganesha, dan Brahma. Patung-patung ini dibawa ke Belanda dari Jawa pada awal abad ke-19 dan memiliki nilai sejarah serta budaya tinggi bagi Indonesia.

Sebanyak 284 objek dari Koleksi Puputan Badung, yang mencakup berbagai artefak berharga seperti senjata, koin, perhiasan, dan tekstil. Objek-objek ini diambil setelah perang melawan Kerajaan Badung dan Tabanan di Bali pada tahun 1906.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *