Imbangi Kecanduan Games dengan Beraktivitas di Luar Rumah
WARTAEVENT.com – Probolinggo. Games online, pasti semua orang menyukainya. Tidak terkecuali anak-anak yang masih di bangku sekolah. ada dampak positif dan negatif dari games tersebut.
Menjadi positif ketika games tersebut dibawa ke ranah e-sport yang mampu menghasilkan pundi-pundi keuangan bagi pari penikmatnya. Meski demikian hal tersebut pun tak seutuhnya memberi dampak positif.
Isu tentang pemanfaatan teknologi digital ternyata menjadi diskusi menarik dalam webinar Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika pada hari ini Rabu (16/06/2021) di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur yang diikuti oleh 327 peserta.
Arif Budiono, ST., M.M, salah satu narasumber dalam webinar tersebut menerangkan, salah satu cara untuk meminimalisir kecanduan terdahap e-sport yang berlebihan adalah memberi mereka kesempatan bermain sebagai kelaziman namun dengan kadar sewajarnya.
“Lalu harus diimbangi dengan kegiatan di luar ruangan, harus sering diajak berinteraksi dengan orang lain, pemberian pembelajaran lebih variatif agar menarik dan tidak membosankan,” pungkas Arif Budiono.
Tujuan utama Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar webinar Literasi Digital ini karena diharapkan masyarakat Indonesia pada akhir tahun ini mencapai 10 juta orang terliterasi dan diharapkan meningkat menjadi 50 juta orang di tahun 2024 mendatang.
Literasi Digital yang mengakat tema besar Indonesia Makin Cakap Digital ini membahas 4 pilar utama Literasi Digital yakni, budaya bermedia (digital culture), aman bermedia (digital safety), etis bermedia (digital ethics) dan cakap bermedia digital (digital skills). [*]