News

Lapan Gelar Seminar Nasional Sinas Inderaja

wartaevent.com – Jakarta. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) melalui Deputi Bidang Penginderaan Jauh akan menyelenggarakan Seminar Nasional Penginderaan Jauh Tahun 2019 (SINAS INDERAJA 2019) dengan tema “Peningkatan Pemanfaatan IPTEK Penginderaan Jauh untuk Mendukung Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals)”.

Seminar yang diselenggarakan di The Margo Hotel, Margonda, Depok ini sebagai sarana untuk bertukar ilmu pengetahuan, informasi dan pengalaman mengenai perkembangan terkini di bidang teknologi dan data serta pemanfaatan penginderaan jauh, khususnya di sektor yang dapat memberikan kontribusi nyata dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Thomas Djamaluddin, Kepala Lapan, mengatakan, seminar ini diharapkan bisa memperkuat kerja sama di bidang penyediaan dan pemanfaatan penginderaan jauh antara Lapan dan para stakeholder. Rumusan hasil dari seminar ini akan disampaikan sebagai rekomendasi untuk mendukung percepatan dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) di Indonesia.

Seminar ini berupaya untuk mewujudkan pelaksanaan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs), teknologi penginderaan jauh berperan sangat besar terutama pada tujuan SDGs ke -6 terkait dengan penyediaan air bersih dan sanitasi dan bisa dimanfaatkan untuk pemantauan kawasan resapan air.

SDGs ke-11 ini mengupas tentang perencanaan dan pembangunan kota yang berkesinambungan bisa dimanfaatkan untuk pemantauan kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH). Selain itu, pada tujuan SDGs ke-13 terkait penanganan perubahan iklim bisa dimanfaatkan untuk melihat suhu panas atau polusi di perkotaan.

Pada tujuan SDGs ke-14 yaitu bidang lingkungan dan sumberdaya maritim bisa dimanfaatkan untuk melihat Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI), sedangkan terkait dengan tujuan SDGs ke-15 tentang lingkungan dan sumberdaya darat bisa dimanfaatkan untuk pemantauan hutan. [*]