News

Ini Dia 3 Macam Masyarakat Digital yang Harus Dikenali

WARTAEVENT.com – Tuban.Masyarakat digital adalah masyarakat yang struktur sosialnya adalah jaringan berbasis informasi digital dan teknologi komunikasi. 

Dalam penjelasan Agung Gita Subakti seorang Dosen Specialist S2 Universitas Bina Nusantara, masyarakat ini identik dengan kebiasaan interaksi dengan media baru dalam berkomunikasi di era digital.

“Ini memungkinkan berkumpul, berinteraksi, menukar barang, serta berbagi informasi secara online,” tutur Agung saat mengisi webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di wilayah Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Rabu (1/9/2021).

Ia memaparkan terdapat tiga macam masyarakat digital, yaitu:

  1. Digital citizenship

Kualitas perilaku individu dalam berinteraksi di dunia maya, khususnya dalam jejaring sosial dengan menunjukkan perilaku yang bertanggung jawab, sesuai dengan norma dan etika yang berlaku.

  1. Digital lifestyle

Penggunaan perangkat digital dalam kehidupan sehari-hari. Umumnya untuk kegiatan berkomunikasi dan memperoleh informasi, bisa juga untuk mem-postingsesuatu, berkomentar, shareberita, hingga aplikasi penunjang kesehatan dan pendidikan.

  1. Digital commerce

Penggunaan perangkat digital dalam aktivitas ekonomi, khususnya untuk perdagangan. Bisa juga untuk transaksi yang lebih rumit seperti pasar saham.

Kemudian, tingkatan masyarakat digital juga berbeda. Pertama, emerging digital society yang merupakan tingkatan dasar masyarakat digital. Pada tahap ini adanya keterbukaan informasi dan ketersediaan perangkat elektronik dasar. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *