News

Membangun Brand Awareness dengan Digital Profile Bisnis

WARTAEVENT.COM, Kota Bekasi – Transformasi digital mengalami percepatan, masyarakat pun dipaksa untuk beradaptasi dari segala sesuatu yang bersifat konvensional menjadi digital. Bukan hanya kebiasaan baru dalam hidup sehari-hari yang serba online, membangun bisnis pun akhirnya memerlukan digital profile untuk keperluan brand awareness dan mempromosikan produk maupun jasa.

“Semuanya jadi serba digital, kita harus adaptif sehingga setiap orang diharapkan selalu mengikuti perkembangan kebutuhan dunia digital,” ujar Meiskasa Recruitment Officer Permata Bank saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat I, pada Rabu (13/10/2021). 

Setiap orang akhirnya perlu memiliki digital profile, apakah seorang pemilik UMKM, influencer maupun job seeker. Sementar itu digital profile untuk bisnis sebenarnya tidaklah jauh berbeda saat mengupdate profil untuk personal branding. Hanya saja, subjeknya berganti menjadi brand yang ingin dipasarkan. Sehingga sebelum membuat digital profil bisnis ketahui dulh identitas brand yang ingin dikenal audiens.

Membuat digital profile yang bagus memiliki trik tersendiri dan fokus pada empat hal yaitu visi misi personal branding merek, kemudian menentukan branding merek seperti apa yang ingin dikenal di dunia digital. Kemudian jika sudah mengetahui identitas desain profil digital bisnis dengan konten yang menarik dan terakhir memelihara profil digital bisnis dengan unggahan yang mendatangkan lebih banyak brand awareness. 

Lebih jauh dia menjabarkan perbedaan cara membangun bisnis sebelum adanya digitalisasi dan setelah digitalisasi. Sebelum era digitalisasi bisnis harus memiliki toko, transaksi penjualan masih manual, pemasaran produk terbilang mahal dan kurang bervariasi, dan waktu operasionalnya pun terbatas. Sementara setelah adanya digitalisasi sebenarnya menjalankan bisnis lebih mudah karena bentuk fisik toko tidak harus ada, transaksi sudah online, biaya pemasaran lebih murah dengan jangkauan luas, waktu operasional pun fleksibel.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat I merupakan bagian dari Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. Di webinar kali ini hadir pula nara sumber lainnya yaitu Benny T, TWU4 Kota Bekasi, Ira D. Loka, Ketua Olsa Mart PaDi UMKM, Eko Ariesta, CEO Enterpro.id, dan Michiko Utoyo, seorang Digital Creator.  

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *