News

UMKM “Go Digital” Menjadi Syarat Penting Memenangkan Persaingan

WARTAEVENT.com – Makassar. Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terbukti tahan dan tangguh dikala krisis ekonomi mendera. Namun, pandemi Covid-19 mengajarkan bahwa digitalisasi di segala sektor telah menjadi tuntutan. Agar terus tumbuh dan berkembang, UMKM dituntut untuk masuk ke ekosistem digital.

Demikian yang menjadi pembahasan dalam webinar bertema “Peran Besar UMKM Digital bagi Kemajuan Perekonomian Daerah”, Selasa (22/11) di Makassar, Sulawesi Selatan, yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi.

Baca Juga : Literasi Digital Membentuk Generasi Cakap dan Cerdas di Duia Digital

Webinar ini menghadirkan sejumlah narasumber, yakni Dosen di Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta Mario Antonius Birowo; dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Citra Rosalyn Anwar; dan Pengurus Relawan TIK Sumatera Barat Ulfa Nabila Tafrienda.

Di Indonesia, sektor UMKM berkontribusi sebesar 97 % terhadap total penyerapan tenaga kerja di Indonesia. Sektor tersebut juga berkontribusi sekitar 60 % terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Sementara terhadap ekspor nasional, sektor UMKM berperan sebesar 15 %.

Baca Juga : Penguasaan Teknologi Digital Perkuat Daya Saing UMKM

Menurut Mario Antonius, daya saing UMKM di era digital seperti sekarang ini harus melibatkan penggunaan teknologi. Strategi pemasaran, pembayaran secara digital, termasuk mendapat akses pembiayaan dari lembaga jasa keuangan akan mempengaruhi daya saing UMKM. Sayangnya, tak semua pelaku UMKM memiliki akses ke lembaga jasa keuangan maupun terhadap pemanfaatan teknologi digital.

“Penyebabnya, salah satunya, adalah kurangnya keterampilan pemanfaatan teknologi digital membuat banyak UMKM belum go digital. Padahal, dengan digitalisasi, UMKM bisa tetap produksi meski selama pandemi sekalipun,” ujar Mario.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *